Mahasiswa KKN-IKMB Kelompok 130 Jurusan Bahasa Arab Mengenalkan Bahasa Arab Dasar kepada Anak-anak TPQ di Desa Tambahrejo, Kecamatan Tunjungan

Upaya positif untuk meningkatkan pemahaman bahasa Arab pada generasi muda di pedesaan


(Tunjungan 11 September 2023, Kabupaten Blora) - Pekan lalu, seorang mahasiswa KKN jurusan Bahasa Arab Kelompok 130, yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Ds. Tambahrejo Kec. Tunjungan Kabupaten Blora, terlihat sibuk mengajar anak-anak di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) di Desa Tambahrejo, Kecamatan Tunjungan. Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman dan minat belajar bahasa Arab, teman-teman TPQ serta Ustadz dan Ustadzah TPQ menerima pembelajaran dasar bahasa Arab dari mahasiswa tersebut.

Mahasiswa ini, bernama Nurul Khakim, yang sedang menempuh pendidikan di Jurusan Bahasa Arab, di Institut Agama Islam Negeri Kudus (IAIN Kudus), merasa bertanggung jawab untuk berbagi pengetahuan dan kecintaannya terhadap bahasa Arab kepada generasi muda. Melalui proyek KKN ini, Nurul Khakim berupaya untuk memperkenalkan anak-anak TPQ kepada kosa kata, tata bahasa, dan ungkapan dasar dalam bahasa Arab.

Kehadiran Chakim di TPQ Desa Tambahrejo telah disambut dengan antusias oleh anak-anak dan juga para pengurus TPQ. Mereka merasa senang mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari seorang mahasiswa yang mendalam tentang bahasa Arab. Dalam sesi pembelajaran, Chaki. menggunakan pendekatan interaktif dan metode belajar yang menyenangkan, sehingga anak-anak menjadi lebih tertarik dan semangat dalam belajar.

Ustadz Ainul Yaqin, ketua TPQ Desa Tambahrejo, mengucapkan rasa terima kasih kepada Nurul Khakim. "Kami sangat mengapresiasi dedikasi dan usaha dalam memberikan pengajaran bahasa Arab dasar kepada anak-anak TPQ kami. Langkah ini sangat membantu untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang bahasa Arab dan agama Islam," ujar Ustadz Ainul Yaqin.

Program pengenalan bahasa Arab oleh Nurul Khakim di Desa Tambahrejo merupakan langkah positif yang memberikan manfaat yang signifikan khususnya bagi anak-anak TPQ. Mahasiswa KKN yang berdedikasi ini memberikan contoh inspiratif tentang bagaimana individu dapat berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman bahasa Arab dan pendidikan agama.


Dengan harapan ini, semoga semangat Nurul Khakim dalam mengajarkan bahasa Arab dasar ini terus membara dan menginspirasi lebih banyak mahasiswa dan masyarakat untuk terlibat dalam upaya yang serupa. Setiap kontribusi, sekecil apapun, dapat membawa perubahan yang positif dan bertahan lama dalam mengembangkan minat belajar bahasa dan budaya Arab di masyarakat pedesaan.

Komentar

Archive Post